PADAMU NEGERI UNTUK LITERASI KAMI MENGABDI

Jumat, 29 Januari 2021

BERKESUDAHAN DAN BERKELANJUTAN

Pertanyaan ini menggelitik saya, ketika Program BI Corner yang di inisiasi tahun 2014 ketika itu, target seribu tercapai di akhir tahun 2019.  Pencapaian angka seribu tersebar di 46 Kantor Perwakilan Dalam Negeri bisa tepat sesuai target. Apa itu BI Corner, adalah Program dari Bank Indonesia membangun Corner atau juga disebut Pojok Baca di perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan umum dan perpustakaan sekolah. Pada akhir tahun 2020 BI sudah membangun sebanyak 1.116 BI Corner dan programnya akan terus di kembangkan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan di masing masing Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) bersama penerima manfaat.

Apa Peran YPPI dalam Program BI Corner.
Dari data yang ada YPPI sudah membangun sebanyak 289 BI Corner di wilayah DKI dan berbagai wilayah di Indonesia atau 23% dari total BI Corner yang ada di Indonesia. YPPI dipercaya oleh Bank Indonesia dalam Program Sosial Bank Indonesia di pilar Pendidikan dengan membangun BI Corner sejak tahun 2014 , bahkan sejak tahun 2006 saat Program di  Bedah Desa yang salah satunya membangun Perpustakaan di desa Mekar Jaya Kuningan Jawa Barat. Dan Program BI Corner ini berakhir sampai akhir tahun 2020. Ada banyak pengalaman yang dirasakan oleh semua team YPPI, mulai dari permasalahan administrasi, kontrak kerjasama maupun di berbagai event yang dilakukan di masyarakat. Banyak kebaikan yang diperoleh dari hasil kerjasama, banyak ilmu dan pengetahuan dari apa yang dilakukan bersama sama. Semua membawa manfaat. 

Selama bekerjasama tentunya peran YPPI adalah sebagai mediator antara Pemberi Manfaat dan Penerima manfaat. Peran YPPI sebagai mitra bagi kedua belah pihak, YPPI tidak sekedar membangun tapi menjalin hubungan lebih dekat lagi untuk berbagai hal terkait pengembangan literasi. YPPI juga terus mengembangkan diri untuk kebermanfaat masyarakat secara luas. 

Segala kekurangan dari YPPI tentu berharap bisa dimaafkan karena segala persoalan kerjasama tidak akan luput dari kesalahan. Demikian juga jika sekiranya kerjasama telah berakhir maka jalinan silaturahim tetap terjaga dengan baik.

Apa Yang dilakukan YPPI setelah ini 
YPPI kembali ke asal di derahnya di Rembang, bersinergi dengan Yayasan ummu Khodijah , menjalin kerja bareng dengan melakukan woment empowerment bersama dengan komunitas perempuan.

Apa Programnya ?
Sedang disusun bersama sama kelompok   

Bagi YPPI di satu tempat Program sudah selesai dilaksanakan dan kerjasama akhirnya selesai dan di tempat lain, YPPI bisa memulai yang baru, bersama siapa saja termasuk sama masyarakat.

Tetap semangat,,,,,,,,,,,,,,,,, salam --------------- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar