PADAMU NEGERI UNTUK LITERASI KAMI MENGABDI

Selasa, 14 Januari 2020

BI Corner Purwokerto


Materi ini di sampaikan kepada seluruh penerima BI Corner di Purwokerto Jawa Tengah
Tanggal                       : 21 Januari 2020
Waktu                          : 09.00 – 17.00
Tempat                        : Purwokerto
Tujuan kegiatan          : Semua penerima BI Corner, memahami pentingnya komitment terus
  menjaga keberlangsungan BI Corner di tempat masing masing
Penyelenggara            : BI KPw Dn Purwokerto Jawa Tengah
Fasilitator                    : Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia
Metode                        : Brainstorming
Peserta                       : Penerima BI Corner di wilayah KPW Purwokerto (30 peserta)
Tehnis/Alur Proses     :
1.     Perkenalan : mencairkan suasana
2.     Peserta menyampaikan kondisi, harapan, kendala,
3.     Peserta memahami pengelolaan dan pengembangan BI Corner
4.     Peserta mampu menyusun Program Kegiatan BI Corner
5.     Peserta memahami Sustainability Program
6.     Peserta mengikuti BI Corner award


 Materi hampir sama dengan Maeri yang di paparkan di Pekanbaru, yang membedakan adalah di Purwokerto waktunya lebih panjang sehingga pembahasannya lebih detail. 
Materi
Keterangan
Indikator
Perkenalan

·       Perkenalan tentang Pustaka Indonesia
·       Perkenalan peserta
·       Dikelompokkan sesuai 3 kreteria :
·       Perpustakaan sekolah, Perpustakaan umum dan Perpustakaan Perguruan tinggi

·       Introduction : BI Corner

·     Mengenal Fasilitator dan institusinya
·     Peserta saling mengenal : nama, dan status keberadaan di Perpustakaan.


·     Peserta paham kenapa BI Corner itu harus ada

Mapping BI Corner
·        Mapping Peserta : peserta menuliskan kondisi perpustakaan dan BI Corner  terkait  luasan ruang, Jumlah dan jenis Koleksi, Jam Layanan dan jenis layanannya.

·        Harapan Peserta : harapan ketika mengikuti kegiatan ini dan harapan dengan keberadaan BI Corner di Perpustakaan.


·        Kendala Pengelolaan BI Corner : menuliskan kendala yang di alami selama mengelola BI Corner. Kemudian kendala tersebut di kelompokkan menjadi kelompok kendala yang sejenis diantara sekian kendala bagi peserta

·      Masing masing peserta memahami betul kondisi perpustakaan dan memahami kondisi perpustakaan peserta lainnya

·      Harapan peserta menjadi harapan semua peserta dan bisa di wujudkan harapan tersebut dengan cara masing masing

·      Kendala menjadi peluang dengan menjadikannya kegiatan



·        Ice breaking – coffe break

Memberikan semangat, membangun kebersamaan dan menanamkan rasa percaya diri

BI Corner Pengelolaan dan Pengembangan

·        Pengelolaan BI Corner : property, fasilitas, dan koleksi

·        Pengembangan BI Corner : kegiatan, networking, publikasi, promosi


·     Memahami cara maintenance BI Corner
·     Memahami cara mengembangkan koleksi
·     Melakukan promosi secara rutin
·     Melakukan pendataan dan mempublikasikan

Penyusunan Program Kegiatan

·       Program rutin mingguan
·       Program tahunan
·       Program Bersama dengan sesame penerima BI Corner
Peserta menyusun program rutin, tahunan dan program Bersama


·        Presentasi Peserta Program tahun 2020

Program kegiatan di presentasikan oleh peserta dan menjadikannya
Sustainibility Program BI Corner

·        BI Corner sebagai saluran komunikasi BI
·        BI Corner memiliki impact secara langsung bagi institusi dan pengelola
Peserta bisa mengimplementasikan setelah mengikuti kegiatan

BI Corner awards
·       Membahas pedoman BI Corner awards
·       Mengikuti sesuai pedoman
·       Mempersiapkan BI Corner sesuai pedoman BI Corner Awards
·       Memahami standarisasi pengembangan BI Corner
·       Mempersiapkan BI Corner untuk ikut BI Corner awards

Tidak ada komentar:

Posting Komentar