PADAMU NEGERI UNTUK LITERASI KAMI MENGABDI

Minggu, 08 Desember 2019

SUSTAINIBILITY PROGRAM BI CORNER KPW KALTIM : BALIKPAPAN – YPPI 2019


STARTEGI PENGELOLAAN BI CORNER
LATAR BELAKANG

Program social Bank Indoneisia (BI) yang di inisiasi sejak tahun 2015 telah selesai membangun seribu Corner lebih, dan masing masing Kantor perwakilan (KPW) BI telah mencapai target. Seribu Corner yang tersebar di sekolah, perguruan tinggi dan perpustakaan umum, tidak boleh dibiarkan saja tanpa ada jalinan hubungan yang harmonis. Salah satu faktor keberlanjutan adalah terbangunnya komitment bersama dalam bentuk hubungan baik. Komitment yang di bangun kedua nya tergambar dalam skema di bawah ini
 Bentuk komitment keduanya adalah sbb :

1.    Bank Indonesia : memberikan hibah berupa fasilitas infrastruktur terdiri dari :
a.    Rak : design sesuai ketentuan yang ada
b.    Buku : 350 eksemplar terkatalog dan dipinjamkan ke pengguna
c.     TV : smart TV
d.    Komputer : contennya berupa regulasi BI, dan film tentang uang, program social BI,
e.    Bar Stool dan Meja Komputer
f.      Kelengkapan lainnya : karpet, lampu, sofa, tanaman,

2.    Penerima manfaat : maintenance keberadaan BI Corner dan mendukung keberlanjutan BI Corner dengan cara :
a.    Memelihara : kebersihan, keamanan, kerapian, kenyamanan,
b.    Menjaga keutuhan semua property yang ada
c.     Melengkapi dengan software yang telah digunakan
d.    Meminjamkan buku kepada pengguna
e.    Memberikan fasilitas Wifi di area BI corner
f.      Menyiapkan SDM untuk layanan
g.    Mengalokasikan sebagian dananya untuk BIC
h.    Melakukan aktivasi : berkerjasama dengan Trini atau lainya
i.      Melakukan Promosi secara rutin
j.      Melakukan berbagai aktivitas bersama komunitas atau pengguna

TUJUAN BI CORNER
1.    Masyarakat Memahami Fungsi dan tugas BI melalui keberadaan BI Corner
2.    Meningkatnya minat baca Masyarakat melalui keberadaan BI Corner
3.    Peran Sosial Bank Indonesia dalam membangun pendidikan masyarakat melalui keberadaan BI Corner sebagai bentuk Dedikasi untuk Negeri

Value (NILAI) Bagi Bank Indonesia
Tugas dan Fungsi Bank Indonesia semakin dikenal masyarakat secara luas melalui BI Corner dan program activasinya. Dengan demikian secara tidak langsung masyarakat bisa ikut membantu menekan laju inflasi dan mencintai rupiah dengan sepenuh hati.

Value (NILAI) Bagi Penerima Manfaat
Kerjasama dengan institusi Bank Indonesia memiliki nilai lebih baik terkait dengan akreditasi, maupun kepercayaan masyarakat bagi perkembangan selanjutnya

PERMASALAHAN SECARA UMUM
Noted : apa yang tertulis dalam table dibawah ini bisa berkembang atau disesuaikan dengan permasalahan di masing masing KPW atau penerima manfaat.
BI
Penerima Manfaat
Tidak di monitoring secara rutin
Sumber dana untuk maintenance terbatas
Komitment yang tertuang dalam Perjanjian kerjasama perlu di tindak lanjuti
SDM yang melayani merangkap tugas
Kerja bareng belum bisa dilakukan secara rutin
Harus didukung oleh regulasi untuk melaksanakn komitment

PENYELESAIAN MASALAH
MASALAH BICORNER
PENYELESAIAN MASALAH
Tidak di monitoring secara rutin
Bekerjasama dengan mitra untuk melaksanakan monitoring
Komitment yang tertuang dalam Perjanjian kerjasama perlu di tindak lanjuti
Dilaksanakan oleh Mitra
Kerja bareng belum bisa dilakukan secara rutin
Ada Pendampingan di tingkat penerima, merencanakan dan melaksanakan kegiatan

MASALAH BAGI PENERIMA MANFAAT
PENYELESAIAN MASALAH
Sumber dana untuk maintenance terbatas
Pimpinan harus mengalokasikan dana untuk maintenance
SDM yang melayani merangkap tugas
Harus ada tenaga khusus atau bisa dengan memberikan layanan di dalam satu ruang bersama BI corner
Harus didukung oleh regulasi untuk melaksanakan komitment
Dibuat regulasi terkait maintenance, layanan dan alokasi dana untuk pengelolaan BI Corner

Permasalahan di setiap BI Corner bisa saja berbeda, dan setiap masalah memiliki solusi dengan mempertimbangkan kebijakan, kepentingan dan kebutuhan bagi pihak yang terkait. Solusi yang dilakukan akan dapat menyelesaiakn masalah dan bertujuan menjadikan BI Corner lebih baik dan tetap berlanjut.

TEHNIS PENCAPAIN TUJUAN
TUJUAN
TEHNIS PENCAPAIAN
1.  Masyarakat Memahami Fungsi BI melalui keberadaan BI Corner

·         Melakukan Promosi keberadaan BI Corner
·         Melakukan kegiatan yang bertema ke Bank Centralan
·         Petugas memahami fungsi BI dan mensosialisasikan di saat kegiatan
2.  Meningkatnya minat baca Masyarakat melalui keberadaan BI Corner

·         Melakukan peminjaman buku yang ada di BI Corner
·         Melakukan pendataan kehadiran pengunjung BI Corner, apakah membaca , pinjam buku atau melakukan kegiatan

3.  Peran Sosial Bank Indonesia dalam membangun pendidikan masyarakat melalui keberadaan BI Corner

·         Data yang ada akan menunjukkan kemanfaatan keberadaan BI Corner
·         Testimoni dari pengunjung dan penerima manfaat yang memahami dampak keberadaan BI Corner
·         Terakreditasi lebih baik, ketika ada BI Corner
·         Atau menunjukkan peningkatan kunjungan perpustakaan atau BI Corner

INDIKATOR KESUKSESAN

KEGIATAN
INDIKATOR  CAPAIAN
Kwalitatif
kwantitatif
1.    Melakukan Promosi keberadaan BI Corner
2.    Melakukan kegiatan yang bertema ke Bank Centralan
3.    Petugas memahami fungsi BI dan mensosialisasikan di saat kegiatan
·         Semakin banyak dikunjungi
·         Semakin dikenal
·         Petugas mendapatkan pelatihan dari BI untuk memahami fungsi bank Central
·         Petugas memiliki koleksi film dan document regulasi BI yang dimanfaatkan untuk publik
·         Pengunjung meningkat 10% dari sebelum ada BI Corner, dan terus meningkat rata2 10%
·         Memiliki sedikitnya 100 koleksi regulasi BI yang bisa dibaca oleh masyarakat umum
·         Petugas mendapatkan pelatihan 1 x dengan materi tentang fungsi Bank Central dan tentang uang rupiah
·         Petugas 1 orang focus dilayanan BI Corner

4.    Melakukan peminjaman buku yang ada di BI Corner
5.    Melakukan pendataan kehadiran pengunjung BI Corner, apakah membaca , pinjam buku atau melakukan kegiatan

·         Layanan peminjaman buku dilakukan sesuai jam kerja perpustakaan
·         Menggunakan soft ware untuk pendataan dan membuat layanan lebih mudah
·         Memiliki data based yang memuat data seluruh BI corner di Indonesia
·         Peminjaman buku meningkat 10% pertahun setelah ada BI Corner
·         Pengunjung meningkat 10% per tahun khususnya di ruang BI Corner
·         Ada kegiatan di ruang BI corner , minimal 2x setahun yang dilakukan oleh komunitas ataupun diselenggarakan oleh perpustakaan
6.    Data yang ada akan menunjukkan kemanfaatan keberadaan BI Corner
7.    Testimoni dari pengunjung dan penerima manfaat yang memahami dampak keberadaan BI Corner
8.    Terakreditasi lebih baik, ketika ada BI Corner
9.    Atau menunjukkan peningkatan kunjungan perpustakaan atau BI Corner

·         Ada data kwantitatif dan kwalitatif untuk evaluasi setiap periode
·         Testimony di share di medsos dari penerima manfaat dan pengguna BI Corner
·         Ruang dan gedung perpustakaan semakin baik, nyaman dan menarik untuk di kunjungi
·         Data rutin di share minimal setiap 6 bulan sekali  ke BI melalui YPPI, terkoneksi dalam satu system
·         Share medsos dengan hastag (#) sehingga memudahkan pemantauan perkembangan kegiatan disetiap BI Corner, setiap selesai kegiatan atau saat berlangsungnya kegiatan di BI Corner
·         Perjanjian Kerjasama dengan adanya BI Corner akan mempengaruhi akreditasi menjadi A atau B
·         Data kunjungan meningkat 10% per tahun

Membuat Rumusan Kesuksesan dan Komitment
Sukses BI Corner = Sukses kita
Sukses BI Corner = Semua berjalan baik
Sukses BI Corner = activasi
Sukses BI corner = Data pengunjung dan peminjam buku meningkat
Sukses BI Corner = semakin popular
Sukses BI Corner = property terjaga baik
Sukses BI corner = networking meluas
Sukses BI Corner = koleksi bertambah
Sukses BI Corner = SDM / Petugas / Layanan semakin baik
Sukses BI Corner = --------------------------------- ?

NETWORKING DAN SUSTAINIBILITY





KOMPONEN PENENTU SUSTAINIBILITY BI CORNER



PROMOSI
Aspek promosi sangat mempengaruhi kepopuleran BI Corner, tanpa promosi BI Corner tak dikenal. Bentuk promosi berbagai macam cara. Diantar cara yang mudah dilakukan adalah media social. Dengan hastag (#) tertentu maka akan mudah di searching atau telusur sehingga dapat memonitor apa saja yang dilakukan oleh BI Corner di berbagai daerah. Mengetahui tingkat pengikut (follower) dan bagaimana respon terhadap promosi yang dilakukan.
Yang di maksud promosi tentu tidak sekedar ajakan untuk hadir di BI Corner tapi juga informasi apa saja yang bisa dilakukan dan telah di lakukan di BI Corner. Promosi tidak melulu pada pamer keindahan dan kebermanfaatan tapi promosi juga sebuah upaya pengembangan networking dan performance diri atas keberadaan BI Corner.
Promosi yang dilakukan harus terukur dampaknya, sehingga target capaian dan upaya keberlangsungan BI Corner tercapai dengan impact yang mampu dirasakan oleh setiap user nya.
Cara berpromosi :
1.    Continue
2.    Menarik : visual dan content
3.    Sasarannya tepat
4.    Selalu memiliki tema yang up date
5.    Simple
Target capaian ketika berpromosi adalah menentukan target sasaran dari sisi kwantitatif dan kwalitatif, tercapainya peningkatan jumlah pengunjung dan semakin dikenal dan dimanfaatkan BI Corner secara maksimal.
Jika Promosi dilakukan secara terus menerus maka selanjutnya secara otomatis masyarakat pengguna akan melakukan promosi dengan menggunakan cara endorse. Promosi yang terus menerus harus diimbangi dengan layan yang baik, maintenance yang memadai dan kesinergian yang harmonis.



SUMMARY (KESIMPULAN)
Komitement adalah rasa tanggung jawab yang harus ada pada setiap jiwa, sehingga ketika bersinergi maka komitment itu harus dijalankan dengan cara yang baik dan terus berkelanjutan
Jika komponen yang menyertai keberlanjutan bisa dilaksanakan dengan baik maka, harapan dan tujuan bisa tercapat dengan hasil yang maksimal.
Mari bersama sama berkomitmen mendukung Program BI Corner terus berkelanjutan dan sukses sebagai bentuk Dedikasi untuk Negeri.

Referensi
1.    KAK BI CORNER
2.    Konsep BI Corner award
3.    Konsep Monitoring
Pemateri : Trini Haryanti
Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia
Jl. Kayu Putih V C no 54 Jakarta Timur
Balikpapan 24 September 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar