STARTEGI PENGELOLAAN BI CORNER
LATAR BELAKANG
1. Bank Indonesia : memberikan hibah berupa
fasilitas infrastruktur terdiri dari :
a.
Rak : design
sesuai ketentuan yang ada
b.
Buku : 350
eksemplar terkatalog dan dipinjamkan ke pengguna
c.
TV : smart TV
d.
Komputer :
contennya berupa regulasi BI, dan film tentang uang, program social BI,
e.
Bar Stool dan Meja
Komputer
f.
Kelengkapan lainnya
: karpet, lampu, sofa, tanaman,
2. Penerima manfaat : maintenance keberadaan BI
Corner dan mendukung keberlanjutan BI Corner dengan cara :
a.
Memelihara :
kebersihan, keamanan, kerapian, kenyamanan,
b.
Menjaga keutuhan
semua property yang ada
c.
Melengkapi dengan
software yang telah digunakan
d.
Meminjamkan buku
kepada pengguna
e.
Memberikan
fasilitas Wifi di area BI corner
f.
Menyiapkan SDM
untuk layanan
g.
Mengalokasikan
sebagian dananya untuk BIC
h.
Melakukan
aktivasi : berkerjasama dengan Trini atau lainya
i.
Melakukan Promosi
secara rutin
j.
Melakukan
berbagai aktivitas bersama komunitas atau pengguna
TUJUAN BI CORNER
1. Masyarakat Memahami Fungsi dan tugas BI melalui
keberadaan BI Corner
2. Meningkatnya minat baca Masyarakat melalui
keberadaan BI Corner
3. Peran Sosial Bank Indonesia dalam membangun
pendidikan masyarakat melalui keberadaan BI Corner sebagai bentuk Dedikasi
untuk Negeri
Value (NILAI) Bagi Bank Indonesia
Tugas
dan Fungsi Bank Indonesia semakin dikenal masyarakat secara luas melalui BI
Corner dan program activasinya. Dengan demikian secara tidak langsung
masyarakat bisa ikut membantu menekan laju inflasi dan mencintai rupiah dengan
sepenuh hati.
Value (NILAI) Bagi Penerima Manfaat
Kerjasama
dengan institusi Bank Indonesia memiliki nilai lebih baik terkait dengan
akreditasi, maupun kepercayaan masyarakat bagi perkembangan selanjutnya
PERMASALAHAN SECARA UMUM
Noted
: apa yang tertulis dalam table dibawah ini bisa berkembang atau disesuaikan
dengan permasalahan di masing masing KPW atau penerima manfaat.
BI
|
Penerima Manfaat
|
Tidak di monitoring secara rutin
|
Sumber dana untuk maintenance terbatas
|
Komitment yang tertuang dalam Perjanjian kerjasama perlu di tindak
lanjuti
|
SDM yang melayani
merangkap tugas
|
Kerja bareng belum bisa dilakukan secara rutin
|
Harus didukung oleh regulasi untuk melaksanakn komitment
|
PENYELESAIAN MASALAH
MASALAH BICORNER
|
PENYELESAIAN MASALAH
|
Tidak di monitoring secara rutin
|
Bekerjasama dengan mitra untuk melaksanakan monitoring
|
Komitment yang tertuang dalam Perjanjian kerjasama perlu di tindak
lanjuti
|
Dilaksanakan oleh
Mitra
|
Kerja bareng belum bisa dilakukan secara rutin
|
Ada Pendampingan di tingkat penerima, merencanakan dan melaksanakan
kegiatan
|
MASALAH BAGI PENERIMA MANFAAT
|
PENYELESAIAN MASALAH
|
Sumber dana untuk maintenance terbatas
|
Pimpinan harus mengalokasikan dana untuk maintenance
|
SDM yang melayani merangkap tugas
|
Harus ada tenaga
khusus atau bisa dengan memberikan layanan di dalam satu ruang bersama BI
corner
|
Harus didukung oleh regulasi untuk melaksanakan komitment
|
Dibuat regulasi terkait maintenance, layanan dan alokasi dana untuk
pengelolaan BI Corner
|
Permasalahan
di setiap BI Corner bisa saja berbeda, dan setiap masalah memiliki solusi
dengan mempertimbangkan kebijakan, kepentingan dan kebutuhan bagi pihak yang terkait.
Solusi yang dilakukan akan dapat menyelesaiakn masalah dan bertujuan menjadikan
BI Corner lebih baik dan tetap berlanjut.
TEHNIS PENCAPAIN TUJUAN
TUJUAN
|
TEHNIS PENCAPAIAN
|
1. Masyarakat Memahami Fungsi BI melalui
keberadaan BI Corner
|
·
Melakukan Promosi
keberadaan BI Corner
·
Melakukan
kegiatan yang bertema ke Bank Centralan
·
Petugas
memahami fungsi BI dan mensosialisasikan di saat kegiatan
|
2. Meningkatnya minat baca Masyarakat melalui
keberadaan BI Corner
|
·
Melakukan peminjaman
buku yang ada di BI Corner
·
Melakukan
pendataan kehadiran pengunjung BI Corner, apakah membaca , pinjam buku atau
melakukan kegiatan
|
3. Peran Sosial Bank Indonesia dalam membangun
pendidikan masyarakat melalui keberadaan BI Corner
|
·
Data yang
ada akan menunjukkan kemanfaatan keberadaan BI Corner
·
Testimoni
dari pengunjung dan penerima manfaat yang memahami dampak keberadaan BI
Corner
·
Terakreditasi
lebih baik, ketika ada BI Corner
·
Atau
menunjukkan peningkatan kunjungan perpustakaan atau BI Corner
|
INDIKATOR KESUKSESAN
KEGIATAN
|
INDIKATOR CAPAIAN
|
|
Kwalitatif
|
kwantitatif
|
|
1.
Melakukan Promosi keberadaan BI Corner
2.
Melakukan kegiatan yang bertema ke Bank Centralan
3.
Petugas memahami fungsi BI dan mensosialisasikan di saat kegiatan
|
·
Semakin
banyak dikunjungi
·
Semakin
dikenal
·
Petugas
mendapatkan pelatihan dari BI untuk memahami fungsi bank Central
·
Petugas
memiliki koleksi film dan document regulasi BI yang dimanfaatkan untuk publik
|
·
Pengunjung
meningkat 10% dari sebelum ada BI Corner, dan terus meningkat rata2 10%
·
Memiliki
sedikitnya 100 koleksi regulasi BI yang bisa dibaca oleh masyarakat umum
·
Petugas
mendapatkan pelatihan 1 x dengan materi tentang fungsi Bank Central dan
tentang uang rupiah
·
Petugas 1
orang focus dilayanan BI Corner
|
4.
Melakukan peminjaman buku yang ada di BI Corner
5.
Melakukan pendataan kehadiran pengunjung BI Corner, apakah membaca ,
pinjam buku atau melakukan kegiatan
|
·
Layanan
peminjaman buku dilakukan sesuai jam kerja perpustakaan
·
Menggunakan
soft ware untuk pendataan dan membuat layanan lebih mudah
·
Memiliki data
based yang memuat data seluruh BI corner di Indonesia
|
·
Peminjaman
buku meningkat 10% pertahun setelah ada BI Corner
·
Pengunjung
meningkat 10% per tahun khususnya di ruang BI Corner
·
Ada
kegiatan di ruang BI corner , minimal 2x setahun yang dilakukan oleh
komunitas ataupun diselenggarakan oleh perpustakaan
|
6.
Data yang ada akan menunjukkan kemanfaatan keberadaan BI Corner
7.
Testimoni dari pengunjung dan penerima manfaat yang memahami dampak
keberadaan BI Corner
8.
Terakreditasi lebih baik, ketika ada BI Corner
9.
Atau menunjukkan peningkatan kunjungan perpustakaan atau BI Corner
|
·
Ada data
kwantitatif dan kwalitatif untuk evaluasi setiap periode
·
Testimony
di share di medsos dari penerima manfaat dan pengguna BI Corner
·
Ruang dan gedung
perpustakaan semakin baik, nyaman dan menarik untuk di kunjungi
|
·
Data rutin
di share minimal setiap 6 bulan sekali
ke BI melalui YPPI, terkoneksi dalam satu system
·
Share
medsos dengan hastag (#) sehingga memudahkan pemantauan perkembangan kegiatan
disetiap BI Corner, setiap selesai kegiatan atau saat berlangsungnya kegiatan
di BI Corner
·
Perjanjian
Kerjasama dengan adanya BI Corner akan mempengaruhi akreditasi menjadi A atau
B
·
Data
kunjungan meningkat 10% per tahun
|
Membuat
Rumusan Kesuksesan dan Komitment
Sukses BI Corner
= Sukses kita
Sukses BI Corner
= Semua berjalan baik
Sukses BI Corner
= activasi
Sukses BI corner
= Data pengunjung dan peminjam buku meningkat
Sukses BI Corner
= semakin popular
Sukses BI Corner
= property terjaga baik
Sukses BI corner
= networking meluas
Sukses BI Corner
= koleksi bertambah
Sukses BI Corner
= SDM / Petugas / Layanan semakin baik
Sukses BI Corner
= --------------------------------- ?
NETWORKING DAN SUSTAINIBILITY
KOMPONEN
PENENTU SUSTAINIBILITY BI CORNER
PROMOSI
Aspek
promosi sangat mempengaruhi kepopuleran BI Corner, tanpa promosi BI Corner tak
dikenal. Bentuk promosi berbagai macam cara. Diantar cara yang mudah dilakukan
adalah media social. Dengan hastag (#) tertentu maka akan mudah di searching
atau telusur sehingga dapat memonitor apa saja yang dilakukan oleh BI Corner di
berbagai daerah. Mengetahui tingkat pengikut (follower) dan bagaimana respon terhadap
promosi yang dilakukan.
Yang
di maksud promosi tentu tidak sekedar ajakan untuk hadir di BI Corner tapi juga
informasi apa saja yang bisa dilakukan dan telah di lakukan di BI Corner.
Promosi tidak melulu pada pamer keindahan dan kebermanfaatan tapi promosi juga
sebuah upaya pengembangan networking dan performance diri atas keberadaan BI
Corner.
Promosi
yang dilakukan harus terukur dampaknya, sehingga target capaian dan upaya
keberlangsungan BI Corner tercapai dengan impact yang mampu dirasakan oleh
setiap user nya.
Cara
berpromosi :
1. Continue
2. Menarik : visual dan content
3. Sasarannya tepat
4. Selalu memiliki tema yang up date
5. Simple
Target
capaian ketika berpromosi adalah menentukan target sasaran dari sisi
kwantitatif dan kwalitatif, tercapainya peningkatan jumlah pengunjung dan
semakin dikenal dan dimanfaatkan BI Corner secara maksimal.
Jika
Promosi dilakukan secara terus menerus maka selanjutnya secara otomatis
masyarakat pengguna akan melakukan promosi dengan menggunakan cara endorse.
Promosi yang terus menerus harus diimbangi dengan layan yang baik, maintenance
yang memadai dan kesinergian yang harmonis.
SUMMARY (KESIMPULAN)
Komitement
adalah rasa tanggung jawab yang harus ada pada setiap jiwa, sehingga ketika
bersinergi maka komitment itu harus dijalankan dengan cara yang baik dan terus
berkelanjutan
Jika
komponen yang menyertai keberlanjutan bisa dilaksanakan dengan baik maka,
harapan dan tujuan bisa tercapat dengan hasil yang maksimal.
Mari
bersama sama berkomitmen mendukung Program BI Corner terus berkelanjutan dan
sukses sebagai bentuk Dedikasi untuk Negeri.
Referensi
1. KAK BI CORNER
2. Konsep BI Corner award
3. Konsep Monitoring
Pemateri : Trini
Haryanti
Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia
Jl. Kayu Putih V C no 54 Jakarta Timur
Balikpapan 24 September 2019
Tidak ada komentar:
Posting Komentar