Materi ini di
sampaikan kepada seluruh penerima BI Corner di Provinsi Riau
Tanggal : 12 Desember 2019
Waktu : 14.00 – 15.30
Tempat :
Ruang Rapat Besar Gedung A lantai 2 KPW BI Prov Riau di Pekanbaru
Tujuan
kegiatan : Semua penerima BI
Corner, berkomitment
MENGEMBANGKAN BI CORNER
Penyelenggara : BI KPw Dn Provinsi Raiu
Fasilitator : Yayasan Pengembangan
Perpustakaan Indonesia (YPPI)
Metode : Brainstorming
Tehnis/Alur
Proses :
1.
Mengetahui
bahwa yang hadir adalah penerima manfaat
2.
Pemateri
menanyakan terkait keberadaan BI Corner di tempat masing2
3.
Peserta Mengetahui
bahwa Pengembangan BI Corner harus dilakukan
4.
Pemateri
menyampaikan pengetahuan bagaimana strategi mengembangkan BI Corner
5.
Peserta
memahami bagaimana mencapai sustainibility BI Corner
“MEMBACA ADALAH ALAT PALING DASAR UNTUK
MERAIH HIDUP LEBIH BAIK”
Joseph Addison
PENGEMBANGAN BI CORNER DI PROVINSI RIAU
PEKANBARU, 12 DESEMBER 2019
LATAR BELAKANG
Setiap penerima
BI Corner adalah institusi yang terbagi dalam 4 kategori yaitu, Perpustakaan
Perguruan Tinggi, Perpustakaan SMA, Perpustakaan Umum dan PAUD. Ke empat
kategori tersebut memiliki templet yang sama dalam pengelolaan BI Corner dengan
kreatifitas yang bisa berbeda beda . Menjadi wajib hukumnya untuk selalu
menjaga dan terus mengembangkan program kegiatan BI Corner karena itu adalah
bentuk komitment.
Untuk memahamkan
bagaimana langkah yang harus ditempuh dalam pengembangan program, maka BI KPW
Dn Provinsi Riau bersama YPPI menfasilitasi kegiatan bersama dalam bentuk
capacity building untuk petugas BI Corner.
Pengeloalaan dan
Pengembangan BI Corner ini dirancang atas dasar tools yang menjadi pedoman BI
Corner awards, karena tools tersebut sudah di rancang untuk sustainability BI Corner di setiap institusi. Dalam materi
ini akan dijelaskan secara detail.
TUJUAN BI CORNER
1. Masyarakat Memahami Fungsi dan tugas BI melalui
keberadaan BI Corner
2. Meningkatnya minat baca Masyarakat melalui
keberadaan BI Corner
3. Peran Sosial Bank Indonesia dalam membangun
pendidikan masyarakat melalui keberadaan BI Corner sebagai bentuk Dedikasi
untuk Negeri
PENCAPAIN TUJUAN
TUJUAN
|
TEHNIS
PENCAPAIAN
|
1. Masyarakat Memahami Fungsi BI melalui
keberadaan BI Corner
|
·
Melakukan Promosi
keberadaan BI Corner
·
Melakukan
kegiatan yang bertema ke Bank Centralan
·
Petugas
memahami fungsi BI dan mensosialisasikan di saat kegiatan
|
2. Meningkatnya minat baca Masyarakat melalui
keberadaan BI Corner
|
·
Melakukan peminjaman
buku yang ada di BI Corner
·
Melakukan
pendataan kehadiran pengunjung BI Corner, apakah membaca , pinjam buku atau
melakukan kegiatan
|
3. Peran Sosial Bank Indonesia dalam membangun
pendidikan masyarakat melalui keberadaan BI Corner
|
·
Data yang
ada akan menunjukkan kemanfaatan keberadaan BI Corner
·
Testimoni
dari pengunjung dan penerima manfaat yang memahami dampak keberadaan BI
Corner
·
Terakreditasi
lebih baik, ketika ada BI Corner
·
Atau
menunjukkan peningkatan kunjungan perpustakaan atau BI Corner
|
Value (NILAI) Bagi Bank Indonesia
Tugas dan Fungsi
Bank Indonesia semakin dikenal masyarakat secara luas melalui BI Corner dan
program activasinya. Dengan demikian secara tidak langsung masyarakat bisa ikut
membantu menekan laju inflasi dan mencintai rupiah dengan sepenuh hati.
Value (NILAI) Bagi Penerima Manfaat
Kerjasama dengan
institusi Bank Indonesia memiliki nilai lebih (value of trust/nilai
kepercayaan) terkait dengan akreditasi, maupun kepercayaan masyarakat bagi
perkembangan institusi penerima manfaat selanjutnya
PEDOMAN PENGELOLAAN
1.
Fasilitas yang tersedia (Properti)
a.
Rak BUKU : kebersihan, kerapian, penataan bukunya,
b.
TV : digunakan
untuk pemutaran video terkait BI, sosialisasi Program Sosial Bank Indonesia,
Sosialisasi cinta rupiah, dll
c.
Komputer :
contennya berupa regulasi BI, dan film tentang uang, program social BI,
d.
Bar Stool dan
Meja Komputer : dimanfaatkan dengan baik dan sesuai fungsinya
e.
Kelengkapan
lainnya : karpet, lampu, sofa, tanaman, dirawat dengan sebaik baiknya
2.
Penambahan Fasilitas untuk melengkapi kebutuhan
pengguna
a.
Software atau
system otomasi : apapun software yang dipakai , antara perpustakaan dan BI
Corner terintegrasi dengan baik
b.
Assesories
sebagai pemanis dan pelengkap : diberi tambahan hiasan yang menempel atau
menggantung dalam ruang BI Corner sehingga terlihat semakin menarik
c.
Media promosi dan
publikasi : dalam bentuk cetak seperti brosure, visual, dan media social,
dilakukan secara berkala dan continue.
d.
Perlengkapan dan
peralatan yang memang perlu ditambahkan* : penambahan bantal untuk sofa,
penambahan rak majalah yang dipasang di ruang BI Corner, penambahan tanaman,
vas bunga, lampu atau lainnya
3.
Pemeliharaan BI Corner
a.
Regulasi
pendukung : yang tertulis dan dibuat oleh pihak manajemen
b.
Dana pendukung :
untuk pemeliharaan, untuk kegiatan, untuk promosi, untuk petugas.
c.
SDM yang memeliki
awareness :
·
aktif menghubungi
komunitas yang bisa diajak berkegiatan atau hadir dan meminjam buku,
·
kreatif menyusun
program dan mengimplementasikan kegiatan tersebut bersama sama komunitas.
·
Mendapatkan
sponsor dari berbagai pihak, menjalin hubungan dengan sesama penerima BI
Corner.
·
Membuat promosi
dan publikasi.
·
Membuat laporan
pengunjung, peminjam buku dan kegiatan kepada yang terkait,
·
Memelihara
keberadaan fasilitas yang tersedia dalam BI Corner
d.
Komunitas /
Pengguna yang memiliki awareness : berinisiatif mengadakan kegiatan di BI
corner, berinisiatif melakukan publikasi di medsos, melakukan kegiatan
menghimpun koleksi, mengadakan kerja bareng dengan sesame komunitas penerima BI
corner.
4.
Pengelolaan Koleksi
a.
Dari BI Corner :
Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia
b.
Koleksi di proses
(dikelola) katalog dan terintegrasi dengan Perpustakaan
c.
Dikembangkan
sendiri dengan penambahan koleksi dari internal
d.
Dikembangkan
dengan cara peminjaman dengan Bi corner lainnya yang berbeda judul atau di layankan
ke luar ke masyarakat lebih luas lagi
e.
Dikembangkan
dengan cara mencari dana sponsor atau kerjasama dengan pihak lain untuk
menambah koleksi atau promosi
PEDOMAN PENGEMBANGAN
1.
Keorganisasian dan SDM Pengelola
a.
Dalam organisasi
maka kepala perpustakaan memiliki kewenangan menentukan kebijakan ataupun
pengelolaan anggaran tersendiri
b.
Dalam organisasi
ada pengakuan untuk tingkat petugas BI Corner
c.
Dalam organisasi
ada dana yang diperuntukkan untuk pengelolaan dan pengembangan BI Corner
d.
Dalam organisasi
ada regulasi yang mencakup posisi SDM, dana Angaran, pemeliharaan dan
pengembangan BI Corner
2. Aktivasi (Kegiatan
yang terprogram) :
a.
Kegiatan terprogram
dengan baik dalam waktu minimal 1 tahun
b.
Dilaksanakan
sesuai target dan perencanaan yang sudah disepakati
c.
Ada publikasi dan
dokumentasi untuk pelaporan
d.
Akan terus
dilanjutkan sesuai dengan program yang sudah disetujui pimpinan, (integrated
dan sustainable)
e.
Tematiknya
terkait ke bank sentralan dan yang masih ada keterkaitannya
f.
Diselenggarakan
oleh Penerima BI Corner maupun komunitas penggunanya
3.
Networking (Pengguna, Sponsor / Multi Stakeholder)
:
a.
Selain di
lingkungan sendiri harus dikembangkan dengan pihak lain disekitarnya, baik
kemanfaatannya maupun kerjasamanya
b.
Dengan sesama
penerima BI corner melakukan kegiatan bersama, atau sharing pengalaman dan
pengetahuan, dengan mengadakan pertemuan.
c.
Dengan pihak
sponsor untuk mendapatkan peluang kerjasama ataupun sponsor
d.
Dengan pihak
manapun (Multi stakeholder) untuk kerja bareng, kegiatan bersama, publikasi,
promosi dan lainnya sehingga akan memperluas dan memperbanyak manfaat.
4.
PROMOSI
a. Tujuan promosi adalah
supaya dikenal banyak pihak
b. Bahasa promosi simple,
mudah di pahami, menarik, terlihat cerah(eye catchy), dan jika di cetak maka
harus di tempatkan di tempat yang tepat
c. Promosi harus continue,
dengan tema promosi yang berbeda
d. Promosi melalui media
visual, cetak ataupun media sosial
5. Impact (pembuktiannya berupa data dan testimony) :
a.
Dengan adanya BI
Corner ada peningkatan status karena terakreditasi A
b.
Dengan adanya BI
Corner pengunjung / peminjam buku meningkat
c.
Dengan adanya BI
corner ada peningkatan kegiatan
d.
Dengan adanya BI
corner ada peningkatan prestasi dengan di tunjukkan kemenangan dalam lomba
e.
BI Corner menjadi
tempat favorite
KOMITMENT KEDUA BELAH PIHAK (BI DAN PENERIMA BI
CORNER) :
1. Bank Indonesia : memberikan hibah berupa
fasilitas infrastruktur sebagaimana template BI Corner. BI mendukung
pengembangannya untuk program tetap sustainable.
2. Penerima manfaat : maintenance keberadaan BI
Corner dan mendukung keberlanjutan BI Corner dengan cara : Pengelolaan dan
Pengembangan yang terus berkelanjutan.
SUMMARY
Pengelolaan
Fisik
|
Pengembangan
Pergerakan
|
Awards
Apresiasi
|
1. Fasilitas
2. Penambahan Fasilitas
3. Pemeliharaan
4.
Koleksi
|
1. Organisasi dan SDm
2. Kegiatan /aktivasi
3. Networking
4. Promosi
5. Dampak
|
1. Komunikasi
2. Organisasi
3. Aktivitas
4. Koleksi
5. Fasilitas
6. Pengunjung
7. Dampak
|
Tujuan
1. BIC sebagai alat komunikasi
2. Peningkatan minat
baca
3.
Dedikasi untuk Negeri
|
Pencapaian tujuan :
1.
Promosi, kegiatan, komunikasi
2.
Data : pengunjung, peminjam
3.
Dampak : kemanfaatan, kelembagaan,
|
Value = nilai
Setiap kebaikan yang dilakukan akan manfaat
|
KESIMPULAN
Pemeliharaan : wajib dilakukan
Pengembangan :
untuk sustainability program
Awards : INDIKATOR PENCAPAIAN PRESTASI
Ada yang lebih keren dari penerimaan awards yaitu
bagaimana Penerima Manfaat dapat terus berkembang dan BI Corner manfaatnya
terus diperluas selamanya.
[]
[]
[]
[]
[]
[]
[]
Referensi
1.
KAK BI CORNER
2.
Konsep BI Corner award
3.
Konsep Monitoring
Tidak ada komentar:
Posting Komentar