PADAMU NEGERI UNTUK LITERASI KAMI MENGABDI

Kamis, 28 September 2017

Prespektif CSR Untuk Mengembangkan Literasi di Indonesia

Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) 
DISKUSI Bersama Teman2 N.G.O Mitra JICA
28 September 2017

CSR itu apakah membuat LSM semakin berkembang ?
CSR, membangun ekonomi yang berkelanjutan dengan pilar Program sesuai produk yang dihasilkan. Area program berada pada ring area kantor atau perusahaan berada. Semua dilakukan untuk menjalankan harmonisasi hubungan dengan stake holder.

LANDASAN HUKUM
UU no 40 (PT) dan 43 (Perpustakaan)2007

CSR bagiPerusahaan sbb :
1.  Meningkatkan citra perusahaan
2.  Meiningkatkan Brand Perusahaan
3.  Mengembangkan kerjasama dengan stake holder
4.  Membedakan dengan kompetitornya
5.  Leasson learn dan inovatif
6.  Membuka akses dan pembiayaan
7.  Mempengaruhi harga saham

Sejarah Singkat : bahwa pada tahun 1960 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) berkembang dengan primordial memperjuangkan kaum akar rumput (Gressroots) dan semua akivitasnya adalah amal. Pada tahun 70an pergerakan LSM memiliki semangat membangun dan memandirikan masyarakat melalui kegiatan yang berkelanjutan. Setelah dirasakan pembangunan berkelanjutan membutuhkan dana yang cukup besar maka CSR sangat tepat, untuk menaikkan value dan mempengaruhi pemasaran.

CSR Bagi YPPI
1.  Mengeklpore ide dan kreatifitas pengembangkan perpustakaan
2.  Menghidupkan kelembagaan secara berkelanjutan
3.  Mediasi untuk menjaga harmonisasi hubungan baik melalui program yang dijalankan
4.  Membantu masyarakat mengakses informasi, pengetahuan, sebagai media pembelajaran sepanjang hayat
5.  Melakukan berbagai aktivitas literasi mencerdaskan masyarakat
6.  Implementasi UU no 43 tahun 2007
7.  Berbagi banyak hal untuk
Yang sudah dilakukan YPPI
1.  Perpustakaan keliling 12 unit mobil
2.  Perpustakaan desa :
3.  Perpustakaan sekolah dan Perguruan Tinggi:
4.  Perpustakaan Khusus :
5.  Corner : 153 + 95 + 7
6.  Kampanye literasi
7.  Training

Profile YPPI

BAGAIMANA CSR DIPEROLEH
1.  Mengetahui pilar CSR
2.  Mengetahui Ring I
3.  Kenal dan mengenali Manajemen CSR (Team manajemen)
4.  Memahami policy
5.  Menguasai diplomasi dan komunikasi loby
6.  Meyakinkan konsep yang dibuat
7.  Bekerja dengan Profesional, loyalitas dan jujur

BAHASA PROPOSAL
1.  Template Proposal
2.  Penggunaan Bahasa
3.  Anggaran
4.  Template Laporan
5.  Pertanggung jawaban Anggaran

Specifikasi :
1.  Komunikasi Lobby (Lobby Communicator)
2.  Penempatan Posisi yang tepat (Loyalitas , Commitment)
3.  Kecepatan merespon (Responsibility)
4.  Pertanggung jawaban (Liability)


RENUNGAN
menurut anda CSR sebagai peluang atau substitusi atau komplementer atau sebagai apa?
Substitusi :  N.G.O international yang sekarang semakin bergeser (baca : surut) dan berkamuflase melokalkan diri.
Komplementer : saling melengkapiantara corporasi dengan N.G.O lokal untuk secara bersama sama menjalankan program dalam satu wilayah.
Peluang : bahwa N.G.O bisa berkembang karena keberadaan CSR dan terus berkegiatan memberikan manfaat buat masyarakat, bangsa dan Negara sesuai.
Sebagai Partnership : melakukan kesinergian atau sebagai mitra untuk melakukan pilar kebijakan CSR untuk mencapai tujuan dan menjaga harmonisasi


APAKAH ANDA MEMILIKI IMPIAN ? IMPIAN ITULAH YANG HARUS DI WUJUDKAN SEBAGAI HARAPAN DAN PERJUANGAN UNTUK KEMANFAATAN BAGI BANGSA DAN NEGARA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar