PADAMU NEGERI UNTUK LITERASI KAMI MENGABDI

Rabu, 07 Desember 2016

10 Tahun YPPI Berkembang

Kami mensyukuri bisa selalu bersama Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia dalam berkarya dan mengabdi pada Pertiwi. Bersama dengan Tim, corporate, Pemerintah dan semua pihak, kami terus berupaya berkembang untuk mengabdikan diri pada Literasi.

Perpustakaan menjadi fokus kami dalam upaya mencerdaskan masyarakat melalui berbagai penyediaan fasilitas dan kegiatan. Untuk itu pada usia yang ke 10 YPPI mengajak semua pihak untuk berdoa, agar kelangsungan YPPI beserta karya karyanya akan abadi, manfaat dan selalu bisa dirasakan banyak pihak. Tentu dengan segala kelebihan dan kekurangannya YPPI harus membuka diri untuk selalu membenahi yang kurang dan menutup segala kelebihan nya dengan kerendhaan hati.

DATA YPPI dalam satu dekade,
1. Buku sudah terdistribusi (Program) > 84 ribu eksemplar.
2. Hibah Buku diluar Program sudah lebih dari 40 ribu.
3. > 60 Kota kabupaten yang menjadi Program
4. 34 Provinsi sudah disinggahin
5. Mobil Perpustakaan Keliling 11 unit
6. Tim yang pernah terlibat >35 person
7. 9 Corporate, 2 Konsorsium/Asosiasi masuk daftar Partner
8. 72 Universitas (Corner)
9. 133 + 4 Perpustakaan PAUD, sdh dikembangkan.
10. Sekolah, TBM, Perpustakaan Desa, Komunitas, Perusahaan

Konsep kerja yppi adalah
1. Kenal dulu dgn calon partner atau bisa di istilahkan funding. Harus kepo ttg "dia ini"
2. Ganti kita kepoin, pakai jurus narsis realistis, mengatakan bhw yppi sdh melakukan ini, itu, ada bukti dan data.
3. Point 1 dan 2 adalah strategi mempelajari bahasa tubuh. Lobying itu 3 menit pertama menentukan kelànjutan hidup kita. ⚘. Jika berhasil maka baca point 4 ya.
Jika point 3 belum berhasil maka simpanlah pertemuan ini menjadi pertemuan di lain waktu. Jgn menggunakan paksaàn, nanti akan membuat org jd "neg" (jengah/bosan/antipati).
4. Kita buatkan konsep untuk diskusi lebih lanjut. Nah di tahap ini sering dech ketemuan.
5. Setelah MOU ditandatangani, menuju proses ini butuh waktu 6 sd 8 bulan (gila khan --😲😎😋--) maka langkah selanjutnya adalah
6. Kita laksanakan dgn penuh tanggung jawab, jujur, tepat waktu dan bersungguh sungguh sesuai apa yg sdh jadi kesepakatan. Tempatkan diri kita sbg partner yg baik, bisa membawakan diri dan tahu posisi kita itu di mana.
Point ini adalah sebuah prosesi seperti org menikah, akad dan bertanggung jawab.
Itulah sedikit pengalaman yppi, maka kenapa untuk masa 6 sd 8 bulan reses itu harus bisa mengatur siklus, ritme tim supaya dapur jg terus ngebul.
Dalam usia 10 tahun ini yppi pernah mengalami proses MOU tercepat 3 bulan. Dengan Pertamina Talisman, amazing banget. (mungkin) krn proses lobynya di udara jd dibantu banyak malaikat, ceritanya setelah subuh di Masjidil haram, telp berdering dan Pertamina Talisman ingin ketemu. Eh bukan berarti di masjid bawa hp loh ya, sepulang dr sanalah proses tercepat itu terjadi. Dan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) sampai sekarang masih layanan di RUMAH Komunitas Buku Yepi DI REMBANG, layanan peminjaman buku gratis untuk masyarakat. Setelah 4 tahun MPK tsb melayàni masyarakat Bayung, Kejadian tahun 2008, lalu di bawa ke Surabaya, pernah dipinjam Malang 1 tahun dan skrg ada di Rembang.

PADAMU NEGERI , UNTUK LITERASI KAMI MENGABDI.

S a l a m L i t e r a s i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar