PADAMU NEGERI UNTUK LITERASI KAMI MENGABDI

Senin, 17 September 2012

my Journey 2012 Sanfransisco

Tidak pernah terpikir sebelumnya bahwa Allah mengijinkan aku menginjakkan kaki di Negara yang paling berkuasa di dunia. Dengan agenda study tour, hari ini aku berangkat dari Surabaya ke Jakarta pukul 16.40 schedule pesawat, karena alasan tehnis "Garuda" delayed sampai pukul 17.25. Tiba di Jakarta bersama sahabat seperjuangan dari Bandung Kang Herman, pasti sudah menungguku.

Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) dan Masyarakat Literacy Indonesia, mendapatkan undangan resmi dari The Asia Foundation (TAF) mengunjungi California untuk belajar di beberapa Perpustakaan yang berada di sana, tentunya lebih hebat dari Negeraku tercinta. Agendanya sangat padat sekali sebagaimana yang bisa di lihat di  www.taflibraryandcommunity.wordpress.com.

Siang ini rencana aku diantar sama teman2 dari YPPI ke Juanda, entah apa yang aku rasakan menjelang keberangkatan yang membutuhkan waktu kurang lebih 30 jam, via Nagoya Tokyo, Pesawat akan transit sekitar 8 jam. Kemudian langsung ke Sanfransisco, dan diperkirakan tiba di SF sekitar Pukul 9.15 waktu setempat di tanggal 19 September. Seluruh tugas dan kewajibanku di YPPI untuk waktu kurang lebih 10 hari sudah aku delegasikan ke Apri, mas Kuswanto, dan asistensi ruamh tanggaku. 

Tentunya tidak begitu saja gembira, karena bagaimanapun juga ada beban yang terpikir kalau ada hal hal yang urgent urusan YPPI dengan pihak ekternal yang membutuhkan kehadiranku. Namun pengalaman baru melihat dunia luar sangat penting untuk melakukan perubahan. Terbayang sudah tiga kota di negara bagian Amerika California yaitu Sanfransisco, Sacramento dan San Mateo.

Surat surat yang mesti dibawa sudah aku upayakan untuk terbawa semua, mulai dari passpor, Surat dari TAF, Id Card. Hanya sedikit uang dollar untuk berjaga jaga. Koper yang berat lebih berisikan oleh oleh buat peserta dari 9 Negara yaitu Myanmar, Vietnam, Pakistan, Sri Lanka, Laos, Cambodia, Mongolia, Nepal dan Indonesia. Kain tenun, jimpitan, hiasan, assesorie, kerajinan, makanan dari beberapa daerah di Indonesia, menyertaiku untuk menunjukkan bahwa inilah aku Indonesia.

Perjalanan yang aku mulai dari Surabaya, ke Jakarta dan menuju Tokyo semoga membuat kondisiku tetap fit, ini adalah perjalanan terpanjang pertamaku, dengan penuh keyakinan bahwa aku ini adventure yang telah menjelajah nusantara dan beberapa negara tentu bukan backpacker sejati, karena masih menggunakan fasilitas yang cukup nyaman. Keyakinanku adalah selalu ada Allah yang akan menolongku dan memudahkan segala urusanku. Yang sedang berkecamuk dalam diriku adalah berita terkini mengenai Film yang melecehkan Nabi Muhammad dan tentunya membuat marah Umat Islam di dunia. Nakula adalah sang sutrada yang berada di California, tentunya menghangatku suhu politik di California yang menjadi tujuan perjalannku kali ini.

Waktu akan membuat tulisan ini menjadi lengkap dalam berbagai kejadian yang akan dialami berikutnya..................next time 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar