PADAMU NEGERI UNTUK LITERASI KAMI MENGABDI

Senin, 03 Oktober 2011

Pustakawan adalah Pejuang Literasi


Tidak banyak yang paham sebenarnya Pustakawan itu pekerjaannya apa, bahkan Pustakawan sendiri sedikit yang menyadari dirinya adalah pejuang. Bagaimana tidak lihatlah gambar disebelah, mobil perpustakaan keliling ini berada di belantara hutan sawit, karet dan perkebunanlainnya. Jika hujan maka jalan yang harus dilalui licin dan rawan tergelincir, jika panas maka debu beterbangan. Hanya mengantar buku, sesuatu yang tidak bisa dipandang hanya sebuah buku. Content buku itulah yang mencerdaskan masyarakat. apakah disadari juga oleh semua pihak bahwa banyak yang harus diselesaikan dan dikerjaan atas perjuangan pencerdasan masyarakat.

Disinilah YPPI mencoba berdiri diantara Pemerintah , Perusahaan, dan Masyarakat, disinilah UU 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan akan ditegakkan dan diimplementasikan. Siapa sangka bahwa buku itu bisa diantar sampai ke pelosok hutan oleh seorang pejuang yang bernama Pustakawan.

Akankan dalam mind set Pustakawan tetap bercokol bahwa Perpustakaan adalah sebuah ruang yang di dalamnya ada buku, harus dirombak total pola pikir Pustakawan, harus di bedah pemikiran dosen bahwa perpustakaan adalah sebuah ruang. Perpustakaan tidak bermakna buku saja, tapai Pengetahuan dan informasi yang akan dihantarkan kepada masyarakat.

Sudahkah anda sadari bahwa perjuangan tidak bisa terhenti sampai disini saja, banyak pelosok negeri yang belum terjejali buku, belum tersentuh layanan, dan dimana pustakawan, kapan pustakawan akan menyalakan kobar perjuangannya menyingsingkan lengan baju untuk ke pedalaman negeri ini. Membangun masyarakat cerdas dan berbudi.

Mari bersama kita bisa. Slam literasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar