PADAMU NEGERI UNTUK LITERASI KAMI MENGABDI

Sabtu, 26 Juni 2010

HARI ANAK NASIONAL 2010

Kami Anak Indonesia, Jujur, Berakhlak Mulia, Sehat, Cerdas dan Berprestasi" adalah sub tema untuk Hari Anak Nasional 2010, saya sedang berfikir, apa peran Pustakawan ketika hari anak ? atau apa yang bisa kita lakukan untuk anak ? bukan anak sendiri lho...itu sich tidak perlu ditanya, tapi anak Indonesia.

Peluang ada karena kita melihat kekurangan, peluang ada karena kita melihat kebutuhan, peluang ada karena kita ciptakan. Sudah bisakah kita menciptakan peluang ? kalau sudah, itu menjadi bagian dari jiwa entrepreneurship. Terkait dengan Anak, bukan saja kita menyediakan mainan atau fasilitas penunjang sekolah, tapi peluang Anak bisa diambil dari berbagai kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak.

Melihat tema utama dari hari anak yaitu "Anak Indonesia Belajar Untuk Masa Depan". maka belajar apa saja dalam bentuk berbagai kegiatan , maka apa yang bisa kita lakukan ?

Contoh
Dolanan Tradisonal yang kita lakukan secara kelompok ditempat bermain , di taman taman kota, di sekolah, di balai RW, menjadikan anak bisa belajar banyak hal :
1. Belajar bersosialisasi dengan lingkungan
2. Belajar menjalin solidaritas
3. Belajar mengasah kepekaan sosial
4. Belajar memahami nilai tradisi warisan leluhur
5. Belajar menghargai hak orang lain
6. Belajar menghargai waktu, kapan harus belajar dan kapan perlu bermain
7. Belajar sportifitas
8. Belajar kreatif dan mengasah kecerdasan melalui permainan
9. Belajar banyak hal lagi

Kapan kita mulai menyadari untuk bisa mengakomodir kebutuhan belajar anak melalui dolanan ? sibuk kah kita ? tidak memiliki waktu ? anak sudah tidak tertarik lagi dengan dolanan ? semakin sibuk dan tidak memiliki waktu kita semakin kehilangan apa yang disebut Haritage dan komponen lain yang melekat di dalamnya.

Peluang inilah, bisa kita renungkan dan tidak salah kalau kita coba, kapan lagi, hari anak Juli mendatang bisa menjadi awal dari memulai, tidak ada kata terlambat.

Selamat berjuang para Pustakawan, anak menjadi asset Bangsa yang berharga, peran kita untuk menjadikannya generasi yang cerdas, jujur dan menatap masa depan dengan menjadi manusia yang berkwalitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar