PADAMU NEGERI UNTUK LITERASI KAMI MENGABDI

Senin, 11 Mei 2009

Waspadai Face book


Internet adalah fasilitas yang bisa memudahkan kita dalam menjalankan aktivitas baik belajar, bekerja, mencari informasi, mencari teman, sahabat, berbagi informasi, pengalaman dan menyalurkan hobi. Sisi positif banyak sekali, tapi jangan lupa sisi negatif juga bisa membuat kita lupa akan tanggung jawab pekerjaan dan lupa segala galanya.

Bagaimana kita bisa mengendalaikan diri dalam penggunaan face book (FB) atau chating. Banyak pengalaman yang mengajarkan kepada kita bahwa penggunaan internet yang berlebihan untuk "BERGAUL" lebih banyak sisi mudharotnya, Sebaliknya apabila digunakan dalam sisi positifnya untuk menunjang pekerjaan, belajar dan pencarian informasi maka akan membawa banyak manfaat. Sekarang sudahkah teman2 memanfaatkan internet untuk hal yang positif atau hanya sekedar chatting ?

Kalau anda memanfaatkan FB after office, smp berapa jam waktu yang anda gunakan ? bagaimana dampaknya jika anda terlalu lama , apakah tidak menggangu kondisi fisik anda besuk paginya, bagaimana anda melakukan aktivitas kantor, bagaimana anda bisa fit dan berfikir dengan baik, apabila anda semalam kurang tidur hanya karena terlalu lama di PC/lap top untuk FB, demam FB ini membuat kita prihatin.

Kendalikanlah diri anda, jangan sampai anda dikendalaikan oleh FB, ketergantungan akan FB bisa diatasi dengan menyadari bahwa apa yang anda lakukan lebih banyak membuang waktu, sadari bahwa sekali pemakaian FB maksimal 1 jam, lebih dari 1 jam anda sudah "GILA" .

Sadarlah untuk pemakain internet lebih pada sisi positif yaitu pencarian informasi, belajar dan bekerja.

salam damai
trini

1 komentar:

  1. Mbak trini
    Dalam beberapa hal saya setuju dengan pendapat mbak trini soal bahaya facebook dan berlama-lama online untuk social networking. tapi sebagai pustakawan saya melihat bahwa demam facebook memberi peluang bagi kita untuk memperkenalkan internet sebagai sumber informasi bagi kebanyakan rakyat Indonesia. Hanya karena dengan facebook, mereka dipaksa punya akun email, membeli modem atau hp gprs, 3g atau blackberry. Mestinya kita mendorong mereka untuk lebih demam lagi ke tidak hanya facebook, tetapi informasi yang lebih bermanfaat bagi kehidupan mereka

    BalasHapus